Cara Mengurangi Rasa Pahit pada Secangkir Kopi

Kopi dan garam, perpaduan yang mungkin hasilnya tidak Anda kira. Meski keduanya bisa punya akibat yang bertolak belakang. Kopi bisa memperpanjang usia, sementara garam sebaliknya.

Ada sebuah penelitian yang menyimpulkan orang yang punya kebiasaan minum kopi memiliki risiko kematian lebih rendah. Sementara penelitian lain menyebutkan, konsumsi garam yang tinggi meningkatkan risiko gagal jantung.

Mereka yang meminum sedikitnya empat gelas kopi sehari dinyatakan memiliki peluang hidup lebih lama dibanding yang jarang minum kopi atau tidak sama sekali.

Sementara orang yang mengonsumsi lebih dari 13,7 gram garam setiap hari memiliki risiko dua kali lipat untuk gagal jantung dibandingkan dengan mereka yang makan kurang dari 6,8 gram. Sementara WHO merekomendasikan maksimal kita mengonsumsi 5 gram per hari, atau sekitar satu sendok teh dikurangi sedikit.

Namun seperti juga kebutuhan air minum, banyak sedikitnya garam yang dibutuhkan tubuh sangat tergantung banyak faktor. Antara lain, jenis kelamin, usia, aktivitas, berat badan, dan cuaca.

Lantas, bagaimana bisa dua hal yang seperti bertolak belakang itu bisa bekerja sama dalam sebuah cangkir?

Penggemar kopi selalu menemukan cara bagaimana memperlakukan kopi agar terasa nikmat diseduh. Kopi dicampur garam, ternyata memang terasa lebih nikmat. Rasa pahit akan hilang.

Bagaimana hal ini bisa dijelaskan? Katanya, garam akan mengikat bagian pengecap yang mendeteksi rasa pahit dan mencegahnya merasakan dengan benar. Kopi pahit sebenarnya bisa ditambah krim atau gula, yang mempunyai efek yang sama dengan garam. Namun jika Anda sensitif terhadap garam, krim atau gula menjadi pilihan yang tepat.

Rasa asin adalah salah satu dari lima dasar rasa yaitu asam, manis, gurih, dan pahit. Dengan komposisi yang tepat, campuran rasa ini bisa saling memperkuat atau melemahkan.

Beberapa kue rasa kopi, juga diberi gula dan garam. Jadi bukan hal aneh sebenarnya jika secangkir kopi ditambahkan garam.

Berapa ukuran garam yang pas untuk secangkir kopi?

Tidak ada takaran pasti. Masing-masing orang punya selera berbeda-beda. Selain itu juga tergantung kualitas kopinya.

Kopi yang baik, biasanya tidak perlu ditambahkan apapun. Baik krim, gula, atau bahkan garam.

Namun jika tetap ingin menambahkan dengan garam, seorang ahli kopi menyarankan sekitar 0,6 gram garam meja untuk secangkir kopi berukuran 200 mililiter.

Kali ini, selamat menikmati kopi yang dicampur garam.***


No comments:

Post a Comment