Wisata Sambil Berinteraksi dengan Gajah Borobudur


Selain menikmati keindahan dan kemegahan candi, wisatawan yang ke Borobudur bisa juga berinteraksi dengan gajah-gajah lho. Dijamin, liburan di sana pun bakal tidak terasa membosankan.

Sampai saat ini Borobudur mengoleksi lima gajah Sumatera. Mereka bernama Bona dan Endra yang berkelamin jantan, serta Eca, Lisi, dan Zella.
Hewan yang bisa berbobot hingga enam ton ini adalah mamalia cerdas. Tak heran jika mampu memainkan atraksi yang terbilang sulit. Misalnya melukis, bermain bola, atau menari.

Jika kalian ingin melihatnya, setelah puas melihat relief Borobudur, ikuti papan penunjuk arah keluar. Posisi kandang gajah ada di sebelah kiri jalan.

Safari Gajah Borobudur


Loket tiket masuk Borobudur. 
Pihak PT Taman Wisata Candi unit Borobudur menyediakan paket menunggang gajah melewati perdesaan di sekitar candi Borobudur. Ada lima paket yang ditawarkan. Yaitu bersafari menunggang gajah ke bukit Dagi selama lebih kurang 30 menit, biaya Rp 250 ribu per orang. Berkeliling di sekitar Borobudur selama lebih kurang 60 menit, biaya Rp 500 ribu per orang. 

Lalu berpetualang ke sungai Sileng selama lebih kurang 60 menit, biaya Rp 1,25 juta per orang. Menikmati sensasi berpetualang ke bukit Dagi pada malam hari selama kurang lebih 90 menit, biaya Rp 1,5 juta per orang. Berpetualang ke sungai Sileng Wanurejo selama kurang lebih 60 menit, biaya Rp 500 ribu per orang.

Melihat gajah mandi.
Namun belakangan ini atraksi menunggangi gajah diprotes oleh kelompok penyayang binatang. Alasannya, gajah tidak diperuntukkan untuk ditunggangi. Selain itu, untuk membuat mereka patuh, gajah liar sering harus melewati siksaan.

Nama-nama gajah Borobudur.
Jadi mulai ada kesadaran di dunia untuk memperlakukan hewan atau satwa sebaik mungkin. Mereka juga memiliki perasaan, dan berhak mendapat perlakukan layak. Manusia harus memperhatikan kesejahteraan satwa juga. Jika ingin memelihara, sudah sepantasnya manusia memperhatikan lingkungan tempat tinggal atau kandang, dan kebiasaan mereka dibuat semirip mungkin dengan lingkungan dan perilaku di alam liar.

Andai kalian tidak ingin menunggangi gajah, masih ada atraksi yang bisa kalian nikmati yang tidak kalah serunya, yaitu berfoto bersama gajah dengan membayar Rp 10 ribu per orang, memberi makan gajah dengan biaya Rp 15 ribu per paket, atau mandi dengan gajah, biaya sebesar Rp 20 ribu per orang.*** 



No comments:

Post a Comment