Profil Puskesmas Jetis Kota Yogyakarta

Puskesmas Jetis kota Yogyakarta berada di bawah naungan Dinas Kesehatan, Pemerintahan Kota Yogyakarta.

Ada tiga kelurahan yang dilayani Puskesmas Jetis, yaitu Cokrodiningratan, Bumijo, dan Gowongan.  Namun selalu ada warga di luar tiga kelurahan ini yang memeriksa kesehatannya ke sana, entah karena darurat atau sebab lain. 

Puskesmas Jetis sekurang-kurangnya memiliki tempat tidur masing-masing tujuh buah untuk dewasa dan anak (bayi), serta tempat tidur persalinan dua buah.Puskemas Jetis kota Yogyakarta termasuk puskesmas  rawat inap 24 jam.  

Pelayanan kesehatan yang diberikan Puskesmas Jetis cukup lengkap, meliputi klinik bersalin 24 jam, poliklinik umum, gigi, lansia, laboratorium (EKG, USG), berhenti merokok. Juga ada klinik konsultasi psikologi, KB, dan imunisasi.

Di seputar Kecamatan Jetis sebenarnya ada dua puskesmas yang lokasinya dekat dengan Kampung Cokrokusuman. Dua Puskesmas itu adalah Puskesmas Jetis dan Puskesmas Gondokusuman II.
 

Puskesmas Jetis beralamatkan di jalan Diponegoro 91 Yogyakarta. Telponnya 0274 554801. Sementara nomor yang bisa dihubungi lewat aplikasi Whatsapp (WA) 085779888130, atau coba 081312421617. 

Untuk mengetahui jam buka Puskesmas Jetis klik di sini.

 

Menuju Puskesmas Jetis


Letak Puskesmas Jetis persis di sebelah kantor Kecamatan Jetis. Kalau menempuh jalan dari arah Tugu Jogja maka lokasinya berada di sebelah kiri jalan, setelah Pasar Kranggan dan kantor Pegadaian, Jetis. Dekat dengan Puskesmas ada shelter bus Transjogja. Kalau dari arah Godean maka Puskesmas Jetis berada setelah perempatan Pingit dan melewati kantor bank Mandiri. Posisi ada di sebelah kanan jalan.

Loket Pendaftaran Puskesmas Jetis
Sedang Puskesmas Gondokusuman II lokasinya dekat jembatan Sarjito. Dari arah perempatan Jetis ada di sisi kanan jalan. Persisnya di jalan Prof. DR. Sardjito No.22, Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

Puskesmas Jetis termasuk fasilitas kesehatan tingkat pertama. Banyak orang yang ikut BPJS di wilayah Cokrokusuman, bahkan lingkup Cokrodiningratan yang memanfaatkan Puskesmas Jetis sebagai Pemberi Pelayanan Kesehatan tingkat pertama (PPK 1). Selain lebih dekat dengan tempat tinggal warga, fasilitasnya pun cukup memadai.

Pelayanan Persalinan


Di lihat dari depan Puskesmas Jetis terlihat tidak terlalu luas. Namun sebenarnya di dalam masih ada ruang berlantai dua.

Bagian depan menjadi tempat pendaftaran pasien dan ruang tunggu. Bersebelahan dengan ruang tunggu ada ruang tindakan. Agak masuk ke dalam ada dua ruang periksa untuk umum dan lansia, loket pembayaran, ruang tunggu dalam, dan ruang peralatan medis.

Daftar Hadir Dokter dan Programmer
Masuk lebih ke dalam siapapun akan menjumpai ruang berlantai dua itu. Lantai bawah dipakai untuk ruang pemeriksaan ibu hamil dan balita. Di sana tersedia fasilitas USG, ruang bersalin, dan laboratorium.

Puskesmas Jetis juga melayani imunisasi anak. Di lantai bawah sebelah kanan ada taman kecil tempat anak-anak bermain. Ruang rawat inap berada di bagian belakang

Pelayanan persalinan di Puskesmas Jetis berlangsung 24 jam. Artinya mereka yang membutuhkan bantuan persalinan bisa dilayani 24 jam.
 

Ruang atas Puskesmas Jetis dipakai sebagai ruang periksa gigi. Puskesmas Jetis memiliki peralatan pemeriksaan gigi terbilang lengkap. Misalnya dibanding Puskesmas Gondokusuman 2, yang juga sama-sama memiliki peralataan pemeriksaan gigi.
 

Untuk tindakan penyakit TBC atau tuberculosis, Puskesmas Jetis sudah menjadi puskesmas rujukan. Artinya Puskesmas Jetis mampu mendiagnosa dan memberikan pengobatan untuk pasien TBC.***

1 comment: