Biaya Pasang Air PDAM Jogja (Updated Oktober 2018)

Berapa biaya pasang air? Biaya pasang air PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) bervariasi tergantung kota dan golongan konsumen. Mereka punya perhitungan tersendiri dalam menentukan besarnya biaya. Ini karena PDAM adalah BUMD yang memperhitungkan faktor-faktor penentu biaya berbeda untuk tiap masing-masing kota.  

Umumnya PDAM memasang harga sekitar Rp 750 ribu hingga Rp 1 juta untuk pemasangan sambungan baru, golongan konsumen rumah tangga. Di kota besar seperti Jakarta, konsumen rumah tangga ini masih dibedakan lagi menjadi rumah tangga sederhana, menengah, dan mewah. Tarif pemasangan untuk rumah tangga sederhana tentu lebih murah dibanding yang mewah. 

Lantas berapa biaya pasang air di Yogyakarta? Untuk pemasangan reguler PDAM Tirtamarta mematok tarif Rp 750 ribu (2017). Namun kadang-kadang perusahaan ini memberikan keringanan atau diskon pada momen-momen tertentu. Bahkan bisa gratis tergantung programnya. Hanya saja kita memang tidak bisa menunggu pasang saat ada diskon, karena air adalah kebutuhan pokok yang pemenuhannya tidak bisa ditunda.

Namun pada akhir Oktober 2018 saat kembali menanyakan ke petugas berapa biasa pasang air  PDAM Jogja untuk konsumen rumah tangga, dijawab minimal Rp 1.600.000 (satu juta enam ratus ribu rupiah). Mahal?
Air siap minum

Kalau ingin pasang baru datang saja ke kantor PDAM Tirtamtarta, Jetis, Yogyakarta. Alamat tepatnya ada di jalan Wolter Monginsidi 3, Yogyakarta. Lokasinya berada di seberang jalan SMK 3 Yogyakarta, atau di samping kanan SMP 6 Yogyakarta. Kalau dari arah Tugu Jogja setelah perempatan Jetis ambil kiri. Kalau dari arah Monumen Jogja Kembali setelah perempatan Jetis ambil kanan. Persyaratan yang dibawa siapkan saja fotokopi KTP dan denah rumah yang akan dipasang air.    

Bayar Air

Cara membayar air di Jogja sekarang lebih mudah. Cukup membawa bukti tagihan bulan sebelumnya untuk mengecek nomor pelanggan, dan tentu saja siapkan uangnya. Tagihan bisa dibayarkan lewat BPD, Kantor Pos, atau tempat-tempat tertentu yang ditunjuk. Namun banyak juga yang membayar langsung di kantor PDAM Tirtamarta, Jetis.

Kalau mau membayar di kantor PDAM Tirtamarta maka perhatikan jam buka pelayanan kantor ini. Loket pembayaran untuk hari Senin sampai Kamis buka mulai pukul 7.30 pagi sampai 14.30 siang. Hari Jumat buka pukul 7.30 sampai 13.30 siang. Sabtu dan Minggu tutup.

Pelanggan membayar di ruang bagian depan sebelah kanan kantor PDAM Tirtamarta. Masuk ke dalam ruangan berdinding kaca, pelanggan akan disambut petugas keamanan perempuan atau ibu-ibu. Cukup unik, karena biasanya petugas keamanan adalah laki-laki. Mereka akan menyambut ramah sembari menanyakan keperluan dan memberikan nomor antrean. 

Setelah itu pelanggan tinggal menunggu panggilan berdasar nomor antrean. Jika antrean ramai, pelanggan bisa menunggu sembari membaca bacaan atau makan cemilan yang disediakan gratis. Tempatnya ada di sudut. Jika ingin minum, ada pula air siap minum dari instalasi khusus.


Bagian dalam ruang loket pembayaran PDAM Tirtamarta
Sebaiknya membayar air sebelum tanggal 25 tiap bulan. Kalau di atas tanggal 25 maka dikenai denda Rp 10 ribu. Kalau jatuh di hari libur, tidak dikenakan denda. Biasanya pelanggan membayar air menjelang tanggal 25 sehingga antrean sedikit lebih panjang.

Pengaduan kerusakan dilayani di ruang sebelat timur. Sementara keluhan pembacaan meter air ada di lantai dua. Letaknya di atas loket pembayaran.

Oh ya, cek informasi tarif terkini di kantor PDAM. Bisa melalui telpon (0274) 513605, 550751, dan 550752. Jangan lupa untuk hemat air meski kita mampu membayar berapapun kebutuhan air kita.***

No comments:

Post a Comment