Naik Bus Werkudara, Cara Praktis Keliling Kota Solo

Bus Tingkat Werkudara

Dengan membeli tiket seharga Rp 20.000, siapapun bisa keliling kota Solo melewati obyek-obyek menarik. Tak ayal, naik bus Werkudara menjadi salah satu pilihan favorit wisatawan yang berkunjung ke kota Solo.

Jam Operasional
Beroperasi 3 shift, bus berangkat mulai jam 9.00. Pemberangkatan berikutnya pada pukul 12.00, dan 15.00. Bus melayani penumpang pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur. Jadwal bus Werkudara saat lebaran bertambah. Bus bisa melayani sampai 4 shift, selama 6 hari.

Sejak diluncurkan pada awal 2011 lalu, bus tingkat buatan Indonesia ini selalu diminati wisatawan. Tak heran beberapa calon penumpang kecele kehabisan tiket. Saat saya memesan tiket untuk pemberangkatan pertama bulan April lalu, ternyata kursi sudah terisi semua. Sayapun terpaksa pesan untuk pemberangkatan berikutnya. Seorang rekan bersama keluarganya bahkan pernah mencoba beli tiket on the spot atau go show terpaksa urung berangkat karena tiket hari itu sudah habis.

Cara Membeli Tiket
Tikes bus, @Rp 20.000
Untuk mendapatkan tiket kita bisa datang langsung ke bagian pemesanan di kantor Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta, di Jalan Menteri Supeno No. 7 Manahan. Cara lain adalah dengan memesan melalui Indri 085642005156 atau Sandi 085229790462. Keduanya bisa dihubungi melalui telpon, sms, maupun whatsapp. Mereka adalah petugas resmi yang siap melayani urusan tiket.

Setelah menghubungi petugas kita akan diberi petunjuk cara pemesanan dan pembayaran. Beberapa jam sebelum pemberangkatan mereka juga akan mengingatkan jadwal kepada pemegang tiket. Sebaiknya pesan tiket beberapa hari sebelumnya. Soalnya, pas libur panjang pesan sehari sebelumnya pun kadang belum tentu kebagian tiket.

Bus bagian bawah, ada tangga menuju ke atas.
Biasanya penumpang sedikit berebut untuk bisa naik di bus bagian atas. Tapi tenang, bagi mereka yang duduk di bawah tetap bisa naik di atas kok. Nanti semua penumpang di bagian bawah mendapat giliran untuk pindah ke atas, begitu sebaliknya. Jika masih ada kursi kosong di atas penumpang boleh tetap menempati kursinya.
       
Selama perjalanan ada pemandu yang akan menjelaskan secara singkat setiap obyek menarik yang dilewati. Pemandu hanya menjelaskan dengan bahasa Indonesia. Meski saat saya berkesempatan naik ada pula wisatawan asing yang juga jadi penumpang. Demi keselamatan, saat di atas sebaiknya anak kecil tidak duduk dekat jendela. Alasannya, salah satunya karena bahaya seperti gambar berikut ini.

Jangan lupa berfoto ria untuk mengabadikan kesempatan langka naik bus Werkudara ini. Momen foto bisa dilakukan sebelum pemberangkatan di depan bus saat masih di pool, selama perjalanan, atau saat jeda. Petugas akan memberi kesempatan kepada penumpang untuk turun di dua lokasi yang telah ditentukan sebelumnya. Kesempatan ini juga bisa digunakan untuk mengambil foto.  

Hati-hati, dahan pohon perindang bisa masuk ke dalam bus.
Berbeda halnya kalau kita menyewa bus Werkudara seharga Rp 800.000, kita bisa turun di tempat yang kita inginkan. Misalnya, pasar Klewer, museum batik Kauman, atau Taman Sriwedari.    

Kalau naik bus Werkudara menjadi salah satu pilihan selama berwisata beberapa hari di Solo, sebaiknya kita mengambil pada kesempatan pertama. Misalnya, hari pertama keliling kota memakai bus Werkudara. Setelah tahu sedikit tentang suatu obyek barulah mengksplorasinya lebih jauh pada kesempatan berikutnya. 

Akhirnya, selamat menikmati kota Solo dengan bus Werkudara.***


Data Teknis:

Mulai Operasi: 20 Februari 2011
Warna: Dominan merah
Jumlah kursi: 54
Harga tiket: Rp 20.000
Harga sewa: Rp 800.000 per 3 jam. Overtime Rp 250.000 per jam
Waktu operasional: Hari libur, Sabtu, Minggu, 9.00-11.30, 12.00-14.30, 15.00-17.30
Tinggi: 4,5 meter
Lebar: 2,5 meter
Biaya: Rp 1,8 Milyar
Buatan: Karoseri Tri Sakti Magelang

Sumber: www.surakarta.go.id
Rute bus Werkudara, sumber foto: www.surakarta.go.id

Rute Bus Werkudara:

Pergi:
Kantor Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta Manahan (Pool) - Jl Adi Sucipto - Perempatan Manahan (Tugu Wisnu) - Jl Ahmad Yani - Pertigaan Kerten Jl Slamet Riyadi - Sriwedari - Gendengan - Ngapeman - Pasar Pon - Gladag - Jl Jenderal Sudirman - Jl Urip Sumoharjo - Perempatan Panggu Jl Kol. Sutarto - Tugu Cemberang Jl Ir Sutami - Kebun Binatang Taman Jurug

Pulang:
Kebun Binatang Taman Jurug - Jl Ir Sutami - Tugu Cemberang Jl Kol. Sutarto - perempatan Panggu Jl Urip Sumoharjo - Jl Jend. Sudirman - Gladag - PGS - Perempatan Sangkrah - Jl Kapten Mulyadi - Baturono -  Gading Jl Veteran - Tipes - Jl Bayangkara - Baron - Jl Dr Rajiman - Jl Perintis Kemerdekaan - Purwosari - Jl Slamet Riyadi - Pertigaan Kerten - Jl Ahmad Yani - Kantor Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta Manahan (Pool).

Informasi bus Werkudara di buku wisata Solo
Pro:
Cukup nyaman, bersih. Bisa keliling mengunjungi tempat-tempat menarik kota Solo dalam waktu singkat. Harga tiket terjangkau.

Con:
Pemandu kurang detil menerangkan obyek atau lokasi yang dilewati. Mungkin karena waktu terlalu singkat. Karena alasan macet, kabel yang melintang, perbaikan jalan, kadang rute bus berubah. Semoga bukan alasan yang dicari-cari.

Usulan:
Rute yang dilalui harus aman dari kabel, spanduk, dan dahan pohon. Ada flyer/brosur yang dibagikan ke penumpang berisi keterangan lebih detil tentang obyek menarik yang dilewati. Selama perjalanan sebaiknya penumpang diputarkan musik tradisional khas Solo. Pembelian tiket seharusnya sudah online seperti tiket KA. Tiket sebaiknya sesuai nomor kursi agar penumpang tidak berebut. Penumpang dilarang berbicara melalui telpon selama perjalanan karena cenderung mengurangi kenyamanan penumpang lain. Dibuatkan merchandise bus Werkudara yang bisa diperoleh dengan mudah dengan harga terjangkau. Bisa berupa miniatur bus, kaos, pin, stiker, atau tas belanja.

Video:
Berikut ini video dahan dari pohon perindang yang masuk ke bus Werkudara bagian atas.

Mohon selalu cek informasi terbaru tentang jadwal keberangkatan dan harga tiket di sumber resmi. Terima kasih.



No comments:

Post a Comment