Jadwal Kereta Batara Kresna dan Cara Beli Tiketnya

(Ket. foto: Kereta Batara Kresna)
Jika ingin menikmati kota Surakarta dengan cara sedikit berbeda, cobalah naik kereta Batara Kresna. Kereta yang berfungsi hampir seperti bus jarak pendek ini mempunyai rute Stasiun Purwosari, Stasiun Solo Kota, Stasiun Sukoharjo, Stasiun Nguter, dan Stasiun Wonogiri. Namanya saja railbus, atau bus yang berjalan di atas rel.

Kereta ini berjalan tidak terlalu kencang, berkisar antara 30 hingga 40 km per jam. Mengingat jalur rel yang digunakan sebagian bersisihan dengan jalan raya di Surakarta yang cukup ramai. Sementara Sisanya melewati persawahan, hutan jati, dan sesekali rumah-rumah penduduk.

Kereta ini sangat cocok dinikmati bersama keluarga, terutama mengajak anak-anak sembari mengenalkan salah satu moda transportasi yang berjalan di atas bantalan rel ini. Oh ya, tiketnya sangat murah, hanya Rp 4000 saja untuk sekali trip. Bandingkan jika naik bus dari Surakarta menuju Wonogiri yang bisa mencapai Rp 15.000. Dengan tiket seharga segelas kopi ini kamu sudah bisa mendapatkan kenyamanan naik kereta bersama keluarga, gerbong yang relatif bersih, plus keramahan awak kereta.               

Jadwal Kereta Batara Kresna

Petugas kereta Batara Kresna.
Sayangnya, kereta ini baru melayani penumpang dua kali sehari. Baik dari Solo maupun Wonogiri. Dengan harga tiket yang murah, dan kenyamanan serta keamanan yang diberikan sebenarnya banyak orang yang berminat menumpang kereta ini. Semoga di masa-masa mendatang jadwal kereta ini ditambah. Demikian pula lokasi tujuan. Siapa tahu kelak bisa menembus Pacitan yang juga dikenal memiliki tempat-tempat wisata menarik.

Buat penumpag dari Surakarta harus bersiap pagi jika ingin menumpang kereta Batara Kresna. Ada dua kesempatan bagi calon penumpang, pilih pemberangkatan jam 06.00 atau 10.00 dari stasiun Purwosari. Sementara dari Wonogiri jam 08.00 dan jam 12.00.

Jadwal 1, Surakarta-Wonogiri         
Stasiun
Tiba/Berangkat
Purwosari
06.00
Solo Kota
06.20
Sukoharjo
06.55
Pasar Nguter
07.18
Wonogiri
07.45

Jadwal 2, Surakarta-Wonogiri
Stasiun
Tiba/Berangkat
Purwosari
10.00
Solo Kota
10.21
Sukoharjo
10.56
Pasar Nguter
11.19
Wonogiri
11.45

Jadwal kereta Batara Kresna yang terpampang di stasiun Purwosari.
Jadwal 1, Wonogiri-Surakarta
Stasiun
Tiba/Berangkat
Wonogiri
08.00
Pasar Nguter
08.28
Sukoharjo
08.51
Solo Kota
09.26
Purwosari
09.45

Jadwal 2, Wonogiri-Surakarta
Stasiun
Tiba/Berangkat
Wonogiri
12.00
Pasar Nguter
12.28
Sukoharjo
12.51
Solo Kota
13.26
Purwosari
13.45

Cara Beli Tiket Kereta Batara Kresna

Ingin beli tiket kereta Batara Kresna? Mudah kok. Kamu bisa langsung datang ke stasiun Purwosari, atau di stasiun di mana kereta ini berhenti. Namun pastikan tiket sudah di tangan beberapa jam sebelum keberangkatan. Sebab, tak jarang tiket sudah habis satu jam sebelum keberangkatan.

Jika tidak ingin antre di loket, pembelian bisa melalui internet lewat situs resmi KAI, atau KAI Access untuk HP android. Pilih saja di menu local train atau kereta lokal.

Tiket kereta Batara Kresna.
Begitu pula dari arah Wonogiri, tiket bisa pula dibeli di stasiun Wonogiri atau membeli secara online. Memang lebih mudah membeli tiket secara online. Hanya saja, pembelian untuk tiket Batara Kresna hanya dibuka di hari keberangkatan. Jadi kita belum bisa memesan sehari sebelum keberangkatan misalnya. 

Sayangnya kita tidak bisa membayar lewat ATM. Calon penumpang sebelumnya harus mempunyai deposit. Selain itu anak di atas 3 tahun harus bayar penuh. Semoga di lain hari konsumen diberi kemudahan pembayaran. Misalnya, cukup transfer melalui ATM atau bahkan lewat HP dengan mengkonversi pulsa.***



No comments:

Post a Comment