Pengalaman Mencari Kiriman Surat Pin Google AdSense di Kantor Pos

Bagian muka surat berisi PIN dari Google AdSense
Akhirnya surat berisi nomor PIN Google AdSense berada di tangan. Namun surat beramplop warna putih yang dikirim dari negara tetangga ini tidak langsung begitu saja sampai. Ada sedikit drama dan perjuangan untuk bisa menemukannya.

Awalnya Google Payments mengirimkan email berisi pemberitahuan untuk memverifikasi identitas sebagai syarat menerima pembayaran dari Google AdSense. Untuk melengkapi proses verifikasi ini Google AdSense meminta sejumlah informasi yang dicocokkan dengan foto kartu identitas resmi yang masih berlaku. Bisa KTP, SIM, maupun paspor. Informasi yang diberikan harus sama dengan informasi yang ada di kartu.

Setelah mengirimkan persyaratan yang diminta, sehari kemudian Google Payments memberitahukan bahwa identitas sudah terverifikasi. Selanjutnya pada tanggal itu juga, Google Payments mengirimkan Personal Identification Number (PIN) lewat pos ke alamat seperti data yang diberikan ke Google AdSense.

Google AdSense memperingatkan bahwa jika kita tidak menuliskan kembali PIN untuk memverifikasi alamat dalam 4 bulan, maka layanan iklan akan dicabut. Untuk itu, sebaiknya begitu menerima PIN segera saja kita menuliskan pada halaman yang dimaksudkan oleh Google AdSense. Biasanya surat berisi PIN akan tiba sekitar 3 minggu. Namun dari beberapa pengalaman content creator, surat itu sampai ke tangan mereka bisa lebih dari 1 bulan.

Mengapa Tidak Sampai

Ada beberapa kemungkinan surat PIN Google AdSense itu tidak segera sampai. Pertama, mungkin salah dalam menuliskan alamat. Periksa kembali apakah kita sudah menuliskan alamat dengan benar. Kedua, bisa saja surat salah alamat atau jatuh ke tangan orang lain tanpa sengaja. Ketiga, surat tidak diantar ke alamat dan harus diambil sendiri oleh penerima di kantor pos.

Jika surat PIN tidak sampai, Google AdSense masih memberi kesempatan kita untuk tiga kali mengajukan permohonan PIN baru. Permohonan PIN baru ini bisa diajukan setelah 3 minggu sejak Google Payments memberitahukan telah mengirim surat PIN ke alamat kita.

Ketika menerima pemberitahuan bahwa Google AdSense telah mengirimkan surat berisi PIN, saya memutuskan menunggu hingga surat itu tiba di rumah. Namun setelah lewat 1 bulan lebih 3 hari dan surat itu tidak kunjung sampai, saya memutuskan melacak keberadaan surat itu.

Pencarian

Langkah yang saya tempuh, pertama, mendatangi Kantor Pos Cabang Gondolayu, yang berada di Jalan Jenderal Sudirman, Gondolayu Lor, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta. Tempatnya tidak jauh dari Kali Code. Kepada petugas saya menanyakan apakah bisa melacak keberadaan surat dari Google AdSense berisi PIN. Petugas menanyakan apakah ada resinya. Saya jawab tidak ada, hanya ada pemberitahuan melalui email. Kata petugas, kalau tidak ada resi tidak bisa dilacak.

Bagian belakang surat berisi PIN
dari Google AdSense

Mendapat jawaban kurang memuaskan, saya lalu ke Kantor Pos Besar di Jalan Panembahan Senopati, Prawirodirjan, Gondomanan, Yogyakarta. Oleh satpam yang berada di sana dengan ramah saya diarahkan ke customer service. Setiba di customer service saya pun menyampaikan maksud kedatangan saya sore itu. Petugas menyarankan untuk menanyakannya ke Kantor Pos Plemburan di Jalan Plemburan, Sedan, Sariharjo, Ngaglik, Sleman. Lokasinya dekat Ring Road Utara, di antara Monjali dan Kentungan. Kantor Pos ini juga dikenal sebagai Kantor Sentral Pengolahan Pos (SPP). Surat dan barang yang masuk diolah dan didistribusikan dari sini.

Keesokan harinya, saya pun mendatangi Kantor Pos Plemburan. Setelah bertanya ke satpam, saya lalu diarahkan ke bagian customer service. Di ruangan itu tampak ada tiga petugas jaga. Salah satu dari mereka mempersilahkan saya duduk dan menanyakan kepentingan saya. Saya pun menanyakan bagaimana caranya melacak surat berisi PIN dari google yang dikirim satu bulan lalu tapi belum sampai ke alamat.

Tanda Tangan

Petugas lalu bertanya apakah alamatnya sesuai KTP? Saya jawab sama. Lalu dia meminjam KTP untuk dicek dalam database yang ada di komputer. Petugas sempat mengatakan lirih, kok tidak ada ya. Lalu dia mengatakan akan mencoba menghubungi petugas di penyortiran lewat WA. Sejurus kemudian dia pun menelepon petugas itu.

Syukurlah, sekitar 10 menit, seorang petugas muncul dari dalam sambil membawa surat yang saya tunggu-tunggu dan menyerahkan kepada petugas di hadapan saya. Kemudian petugas yang di hadapan saya pun meminta menandatangani semacam bukti serah terima. Dia juga menanyakan nomor telpon. Dalam proses serah terima surat itu tidak dikenakan biaya.

Surat dengan sampul berwarna putih berukuran 14 x 21 cm ini dikirim dari Malaysia. Jika surat tidak sampai ke alamat penerima, maka akan dikirim balik ke pengirim. Kita diminta menyobek bagian pinggir pada sisi atas, bawah, dan kiri sampul. Setelah terbuka, akan terlihat angka 6 digit yang tercetak pada sampul bagian dalam. Selanjutnya angka 6 digit ini diisikan pada akun Google AdSense kita.

Demikian lah pengalaman saya mencari kiriman surat PIN dari Google AdSense. Semoga bermanfaat.***

No comments:

Post a Comment