Cokrodiningratan, Kelurahan Serba Juara

Banner penyambutan tim juri di pendopo
kelurahan Cokrodiningratan.
Kelurahan Cokrodiningratan mendapat juara ketiga tingkat regional Jawa dan Bali untuk lomba evaluasi kelurahan 2019. Pencapaian prestasi membanggakan ini diumumkan pada acara Temu Karya Nasional dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Tahun 2019, di Jakarta.

Kelurahan ini mewakili propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta setelah menyabet juara pertama sebagai kelurahan terbaik sekota Yogyakarta. Cokrodiningratan  menyisihkan Tegalpanggung, Sosromenduran, Patehan, dan Karangwaru.

Inovasi    

Lewat tangan dingin lurah Narotama, Cokrodiningratan berhasil mengembangkan sejumlah inovasi. Salah satu di antaranya adalah layanan jemput bola untuk pengurusan dokumen bagi keluarga yang berduka karena salah satu anggota keluarganya meninggal dunia.

Warga melintas di boot batik jumputan yang dipamerkan.
Inovasi itu dinamakan Pramu Nawolo Loyo, yang selaras dengan program kemudahan pelayanan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Yogyakarta.

Nanti warga tidak perlu repot mengurus dokumen kematian karena ada Kader Masyarakat Tertib Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA). Proses pengurusan cukup cepat karena hanya butuh dua jam setelah kematian dokumen kependudukan yang baru sudah terbit dan diserahkan kepada keluarga yang tengah berduka. Dokumen baru yang diberikan adalah Akte Kematian, Kartu Keluarga yang Baru, dan santunan kematian bagi pemegang KMS.

Saat juri dari tim klarifikasi evaluasi kelurahan tingkat regional Jawa Bali berkunjung ke kelurahan Cokrodiningratan, 23 Juli lalu, mereka disambut pasukan bregodo, tarian, dan menyaksikan pameran berbagai potensi kelurahan Cokrodiningratan.

Di antaranya, kerajinan batik jumputan, program wisata blusukan kampung, dan potensi kuliner. Mereka juga melihat-lihat homestay yang digunakan para wisatawan saat menginap di kampung.

Motto "Juara"

Ndalem Soewondo, salah satu homestay di kampung Cokrodiningratan.
Kelurahan yang mempunyai visi terwujudnya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui kelurahan inklusi ini punya motto “Juara”, yang merupakan kependekan dari Jujur, Ramah, Sejahtera.

Cokrodiningratan “Juara” memang tidak mengada-ada. Sejumlah torehan prestasi pernah disandang kelurahan ini. Selain juara ketiga pada evaluasi kelurahan tingkat regional Jawa Bali 2019, Cokrodiningratan juga menyabet juara harapan tingkat propinsi DIY Pemuda pelopor 2019.

Berikut ini daftar prestasi yang berhasil diraih kelurahan Cokrodiningratan.
1. Evaluasi Kelurahan Juara 3 Tingkat Regional Jawa-Bali Tahun 2019
2. Pemuda Pelopor Juara Harapan 1 Tingkat Propinsi DIY Tahun 2019
3. Pemuda Pelopor Juara 1 Tingkat Kota Yogyakarta Tahun 2019
4. Evaluasi Kelurahan Juara 1 Tingkat Kota Yogyakarta dan Juara 1 Tingkat Propinsi DIY Tahun 2019
5. Evaluasi Kelurahan Juara 1 Tingkat Kota Yogyakarta dan Juara 1 Tingkat Propinsi DIY Tahun 2018
6. Award Sipantib Kampung Panca Tertib
7. Pemuda Pelopor Juara 2 Tingkat Kota Yogyakarta Tahun 2017
8. KRA RW 07 Juara  6 Tingkat  Kota Yogyakarta Tahun 2017
9. PSM Juara 3 Tingkat Kota Yogyakarta Tahun 2017
10. Hatinya PKK Kelurahan Cokrodiningratan Juara 2 Tingkat Kota Yogyakarta Tahun 2017
11. Kesi Kelurahan Cokrodiningratan Juara 3 Tingkat Kota Yogyakarta Tahun 2017
12. Babinkamtibmas Juara 1 Tingkat Polda DIY Tahun 2017
13. Administrasi RW 06 Juara 1 Tingkat Kota Yogyakarta Tahun 2017
14. Bank Sampah RW 04 Juara 1 Tingkat Kota Yogyakarta Tahun 2017
15. Gapoktan Juara 2 Adminstrasi Tingkat Kota Yogyakarta Tahun 2016

Homestay di Cokrodiningratan siap menerima tamu
yang ingin wisata blusukan kampung.
Kelurahan Cokrodiningratan sendiri, mempunyai misi, pertama, memberdayakan kaum rentan yang terpinggirkan untuk ikut berperan aktif dalam pembangunan kelurahan. Kedua, joint mentoring Corporate Social Responsibility (CSR) dan berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah. Ketiga, mewujudkan sarana dan prasarana wilayah yang ramah rentan dan mudah diakses.

Kelurahan Cokrodiningratan membuka pelayanan publik mulai hari Senin hingga Kamis dari pukul 7.30 hingga15.00. Sementara hari Jumat mulai pukul 7.30 sampai 11.30, dan dilanjutkan lagi pukul 13.00 sampai 14.00.

Maju terus, Juara selalu buat kelurahan Cokrodingratan.***

No comments:

Post a Comment