Konten yang Disukai Google Adsense

Screenshot Pemberitahuan dari Google Adsense

Saat ingin menjadi partner Google dan membolehkan Google menayangkan iklan di situs kita tentu kita berharap Google tertarik dengan situs milik kita. Tapi apa konten yang disukai Google Adsense sehingga Google melirik situs kita?

Ibarat orang yang lagi mencari jodoh, ketertarikan adalah pintu bagi hubungan lebih jauh, bukan? Kalau bisa hubungan itu pun menjadi serius, dan berlanjut ke jenjang pernikahan. 

Dasar dari hubungan itu adalah kepercayaan. Harus ada sikap saling percaya antara publisher (untuk situs) atau creator (pembuat konten Youtube), dan Google.

Lantas konten dengan materi apa yang disukai Google Adsense? Pada dasarnya situs dengan materi apapun bisa ditempeli iklan Google. Asal bisa menarik pembaca, penonton, bermanfaat, dan mengundang orang untuk berpartisipasi. Yang penting lagi, tidak melanggar pedoman yang sudah dibuat Google.

Berikut ini adalah konten yang disukai Google Adsense

1.    Unik

Konten yang berbeda yang belum banyak disentuh bisa menjadi keunggulan. Konten yang unik, dengan topik yang unik pula, memudahkan Google memahami profil pembaca atau penontonnya. Sehingga Google dengan mudah pula menentukan materi iklan apa yang pas. Konten yang unik kerap kali justru banyak dicari di kolom pencarian.

2.    Asli

Google sangat tidak suka konten yang melanggar hak cipta. Pelanggaran hak cipta bisa mematikan semangat orang untuk berkreasi. Google lebih menghargai konten asli dengan menawarkannya kepada pengiklan.  

3.    Bermanfaat

Cek kembali apakah konten yang kita buat bermanfaat bagi pembaca. Apakah mengandung cukup informasi dan bukan cuma berisi curhat. Google menyukai konten yang bisa berdampak bagi pembacanya. Andai kan mungkin, buatlah konten yang berdampak bagi perubahan masyarakat ke arah yang lebih baik.

4.    Tampilan menarik

Situs yang penampilannya menarik memberi peluang lebih besar situs itu akan dikunjungi pembacanya lagi dan lagi. Situs dengan penampilan menarik, yaitu cukup foto, paduan warna yang proporsional, dan elemen lain yang tidak mengganggu, akan mendukung tampilan iklan yang ditayangkan.

5.    Artikulatif

Situs dengan konten yang memancing pembaca untuk berinteraksi sangat disukai Google. Biasanya konten semacam itu juga bagus dalam memberikan pesan, atau informasi. Situs dengan konten yang mengembangkan diskusi dengan pembacanya bisa membuat pembaca loyal terhadap satu situs.

Ikuti Syarat-syaratnya

Sebagai penyedia sistem dan perangkat lunaknya, wajar jika Google ingin memastikan bahwa iklan yang ditayangkan sesuai dengan aturan, tidak merugikan pengaksesnya, sekaligus juga tidak merugikan pemilik iklan.

Google cukup gamblang memberitahukan syarat-syarat apa saja yang harus dipenuhi sebelum kita mengajukan diri menjadi mitra Google, sekaligus aturan apa saja yang tidak boleh dilanggar setelah pengajuan menjadi mitra itu diterima. Diikuti saja, tidak usah mengakalinya. Karena cepat atau lambat kalau bermain curang bisa konangan.

Namun Sebagai pemilik situs, sudah selayaknya jika kita menuntut hasil kerja keras membuat konten bagus dihargai secara wajar.

Di sisi publisher atau creator, ada baiknya membuat konten yang selaras dengan iklan sehingga saat iklan tersebut tampil tidak melanggar nilai yang diyakini produsen dan citra yang dibangun atas produk itu sendiri.

Gampangnya, pengiklan tentu tidak mau iklannya ditempatkan pada situs dengan konten yang menjatuhkan produknya.

Strategi ini adalah upaya jemput bola. Jadi tidak semata-mata menunggu jenis iklan yang bakal tayang seperti apa, dengan materi konten apapun, tapi telah mempersiapkan konten apa yang cocok dengan jenis dan materi iklannya. Sekali lagi ini dalam kerangka upaya mendulang uang dari Google Adsense.

Jika persyaratan umum tersebut dipenuhi, maka bolehlah berharap situs yang kita buat dilirik Google dan disetujui permohonannya sebagai mitra.

Demikian gambaran konten apa saja yang disukai Google Adsense berdasar pengalaman pribadi dan mengikuti diskusi di berbagai forum yang membahas Google Adsense. Semoga bermanfaat.***

No comments:

Post a Comment